Portal ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

Ubinan Tanaman Padi dalam Rangka Perkiraan Hasil Produksi pada Kelompok Tani Mira Dei Hari Desa Eimau

Dinas Pertanian dan Pangan - Rabu, 29 Maret 2023

Dalam Rangka Peningkatan Produksi dan Produktivitas tanaman pangan terkhususnya padi di kabupaten Sabu Raijua maka Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua terus mendorong Para petani melalui penyediaan sarana produksi seperti Benih Unggul berlabel, Pupuk, pestisda dan juga alat mesin pertanian.

Pada hari selasa 28 maret 2023 dilakukan ubinan Oleh Penyuluh Pertanian yang berkantor di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Eimadake Kecamatan Sabu Tengah. Ubinan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian bersama dengan anggota kelompok tani mira dei hari yang berlokasi di Desa Eimau Kecamatan Sabu Tengah dengan Luas lahan Padi yang siap di Panen kurang lebih 2 Ha dari total luas lahan Padi yang sementara digarap 6 Ha.

Kegiatan ini bertujuan untuk memprediksi produksi dan produktivitas padi yang ada di lahan kelompok tani melalui penentuan sampel, pengukuran, dan penimbangan.

Dari Kegiatan Ubinan yang dilakukan Tim Balai Penyuluhan Pertanian Eimadake didapatkan Hasil Ubinan Produktivitas Padi di kelompok tani Mira Dei Hari Sebanyak 10,2 Ton/Ha. Jika dibandingkan dengan musim tanam sebelumnya terjadi kenaikan produktivitas kurang lebih 2 Ton/Ha dimana hasil ubinan musim tanam sebelumnya ada pada angka 7,2 Ton/Ha. Hal ini dipicu oleh bebrapa hal diantaranya Pemilihan benih unggul berlabel , Pengaturan Pola tanam dimana Petani setempat sudah menerapkan pola tanam jajar legowo 2:1 serta pemupukan berimbang dan pengendalian hama penyakit terpadu Ungkap Yunus Tari, Ketua Kelompok Tani Mira Dei Hari. Lebih lanjut Yunus berharap agar apa yang sudah dibuat kelompok tani Mira Dei Hari dapat diikuti Oleh Semua kelompok tani yang ada di Sabu Tengah bahkan Sabu Raijua, Yunus mengakatan Bahwa faktor faktor diatas sangat menentukan Produksi dan juga Produktivitas Padi. Ia Juga berterimakasih kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua yang telah mendukung aktifitas Budidaya mereka melalui penyediaan Sarana produksi seperti Benih dan juga Pestisida.

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan