Portal ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

Bagian Administrasi Pembangunan

Tugas Pokok Dan Fungsi Bagian Administrasi Pembangunan

     Bagian administrasi pembangunan mempunyai tugas pokok pengkoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan daerah di bidang administrasi pembangunan yang meliputi perencanaan, penyusunan dan petunjuk teknis pelaksanaan pembangunan serta penyusunan laporan tahunan program pembangunan.
Untuk melaksanakan tugas tersebut, bagian administrasi pembangunan mempunyai fungsi :
     a.    Penyusunan program kerja di bidang administrasi pembangunan;
     b.    Penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang pembangunan;
     c.    Pengawasan pembinaan dan pengendalian dalam bidang administrasi pembangunan;
     d.    Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan              daerah di bidang administrasi pembangunan;
     e.    Pengkoordinasian dan kerjasama dengan dinas dan badan serta instansi lainnya di                  bidang administrasi pembangunan;
     f.    Pengumpulan data dan penyampaian laporan realisasi kegiatan pembangunan;
    g.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh asisten perekonomian dan pembangunan               sesuai dengan tugasnya.
Bagian administrasi pembangunan terdiri dari :

1. Sub bagian penyusunan program, pengendalian pembangunan dan pelaporan;
    Mempunyai tugas pokok menghimpun seluruh kegiatan program pada bagian administrasi        pembangunan serta mempersiapkan data/informasi dalam rangka program pembangunan        daerah dan membuat perencanaan serta program di bidang penyusunan program.
    Untuk dapat melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, sub bagian penyusunan                  program,  pengendalian pembangunan dan pelaporan, mempunyai fungsi :
       a.    Penyusunan rencana dan program kerja di bidang penyusunan program                                  pengendalian  pembangunan dan pelaporan;
       b.    Penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis di bidang penyusunan                            pengawasan, pembinaan dan pengendalian dalam bidang penyusunan program                        pengendalian pembangunan dan pelaporan;
       c.     Pengawasan, pembinaan, dan pengendalian dalam bidang penyusunan penyusunan                program pengendalian pembangunan dan pelaporan;
       d.    Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan penyelenggaraan                                  pemerintahan  daerah di bidang penyusunan program pengendalian pembangunan                  dan pelaporan;
       e.    Pengkoordinasian dan kerjasama dengan dinas dan badan serta instansi lainnya di                  bidang penyusunan program pengendalian pembangunan dan pelaporan;
       f.    Pengumpulan data dan penyampaian laporan realisasi kegiatan pembangunan;
      g.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
2. Sub bagian layanan pengadaan
    Mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pedoman dan petunjuk      teknis, koordinasi, pembinaan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanan pengadaan barang          dan jasa.
    Untuk dapat melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, sub bagian layanan pengadaan        mempunyai fungsi :
       a.    Mengkaji ulang rencana umum pengadaan barang/jasa bersama PPK;
       b.    Menyusun rencana pemilihan penyedia barang/jasa;
       c.    Mengumumkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa di website pengadaan                              pemerintah kabupaten dan papan pengumuman resmi untuk masyarakat serta                        menyampaikan ke layanan pengadaan secara elektronik (LPSE)  untuk diumumkan                  dalam portal pengadaan nasional;
       d.    Menilai kualifikasi penyedia barang/jasa melalui pasca kualifikasi atau pra;
       e.    Melakukan evaluasi administrasi, teknis dan harga tetap penawaran yang masuk;
       f.    Menjawab sanggahan dan menyerahkan Salinan dokumen pemilihan penyedia                         barang/jasa kepada pejabat pembuat komitmen (PPK);
       g.    Menyimpan dokumen asli pemilihan penyedia barang/jasa;
       h.    Mengusulkan perubahan HPS dan spesifikasi teknis pekerjaan kepada PPK;
        i.    Melaksanakan pengadaan barang/jasa dengan memanfaatkan teknologi informasi                    melalui layanan pengadaan secara elektronik (e-rocurement);
        j.    Membuat laporan mengenai proses dan hasil pengadaan kepada bupati;
        k.    Memimpin dan mengkoordinasikan semua bentuk kegiatan pengadaan barang/jasa                yang dilaksanakan di lingkungan pemerintah kabupaten;
        l.    Mengawasai seluruh kegiatan pengadaan barang/jasa;
       m.    Menjamin keamanan dokumen pengadaan dan membentuk pokja serta melakukan                  klafirikasi terhadap hasil kerja pokja;
        n.    Mengambil langkah-langkah yang diperlukan apabila menemukan adanya                              penyimpanan dan/atau indikasi penyimpangan;
        o.    Pelaporan pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi serta hasil pelaksanaan                      pengadaan barang/jasa oleh kelompok kerja kepada bupati melalui sekretaris                          daerah;
        p.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan