Portal ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

Sukses Sensus Pertanian 2023, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua Siap Berkolaborasi

Dinas Pertanian dan Pangan - Senin, 3 April 2023

Kamis, 30 Maret 2023 Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua menerima Kunjungan Tim Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kupang yang bertujuan melakukan koordinasi dan sekaligus melakukan sosialisasi Sensus Pertanian tahun 2023 diKabupaten Sabu Raijua. Dalam menyambut Tim BPS yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Kupang, Imade Swantara, SST, M.Si, kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Charles F.Y Meyok menggelar pertemuan bersama sekretaris dinas, para kabid, staf dinas dan juga para koordinator penyuluh di tiap kecamatan. Pertemuan koordinasi dan sosialisasi Sensus Pertanian tahun 2023 berlansung di pelataran Dinas Pertanian dan Pangan.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BPS Kabupaten Kupang, Imade Swantara, SST, M.Si menyampaikan bahwa Sensus Pertanian tahun 2023 (ST2023) merupakan Sensus Pertanian yang ke-7. kegiatan ST2023 dilakukan untuk mengakomodir variabel yang dibutuhkan untuk kelengkapan data pertanian. Untuk itu perlu kerjasama semua semua stakeholder karena data pertanian berkembang sangat dinamis, maka perlu dilakukan koordinasi dan sosialisasi terutama kepada dinas terkait yaitu Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sabu Raijua sehingga dapat menjawab kebutuhan data baik di level nasional maupun internasional. BPS Kabupaten Kupang melalui Ketua Tim Sensus Pertanian untuk Wilayah Sau Raijua Fiktor Dilak, SST pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan sensus pertanian ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2021 dan akan berakhir pada tahun 2024.  Kegiatan sensus pertanian ini sudah diawali dengan tahapan perencanaan dan persiapan, untuk itu tahun 2023 ini akan dilaksanakan kegiatan pengumpulan data sehingga data yang dihasilkan bisa berstandart internasional sesuai program Food and Agricultural Organization (FAO) yang dikenal dengan World Programme for the Census of Agriculture (WCA).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sabu Raijua dalam pertemuan tersebut mengatakan kesiapan Dinas Pertanian dan Pangan Sabu Raijuaberkolaborasi mendukung Sensus Pertanian tahun 2023 (ST2023), juga memanfaatkan kehadiran Tim BPS Kabupaten Kupang untuk mengkoordinasikan teknis pelaksanaan pendataan rutin statistik Pertanian seperti SP Padi, SP Palawija, SP Ternak, serta mendiskusikan aplikasi implementasi Kerangka Sampel Area (KSA) dalam pengambilan data sehingga dapat meningkatkan validitas data yang dihasilkan

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan