Portal ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA REAMADIA

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa - Rabu, 27 Januari 2021

 

DESA REAMADIA

 

 

 

 

                                         

 

Rabu, 27 Januari 2021, Pemerintah Desa Reamadia Kecamatan Sabu Barat Kabupaten Sabu Raijua tengah melaksanakan kegiatan rutin musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari musyawarah yang dilaksanakan di dusun guna menjaring usulan masyarakat yang berdasarkan RPJMDes dan RKPDes yang akan dituangkan di APBDes desa tersebut.

 

Musrenbangdes pada tahun 2021 ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, hal ini ditandai dengan adanya perubahan penetapan prioritas penggunaan anggaran dana desa sesuai Permendesa PDTT 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa  di tahun 2021 yang lebih difokuskan untuk pemberdayaan di desa ketimbang pembangunan. Hal ini ditandai dengan pernyataan menteri desa tertinggal bahwa dana desa tahun 2021 sampai 2024 hanya fokus ke pemberdayaan bukan pembangunan. Dan apabila ada pekerjaan fisik dalam hal ini pembangunan, sesuai dengan permendes diwajibkan HOK sebesar 50 % dari pekerjaan fisik tersebut.

 

Pada kesempatan tersebut kepala bidang pemdes munkar nguru diu menyampaiakan agar dalam pelaksanaan musrenbangdes ini harus berdasarkan kebutuhan warga desa yang termuat di dalam RPJMDes. Beliau juga menyampaikan terkait pertanggungjawaban dana desa yang harus selesai tepat waktu sehingga semua proses pemerintahan yang berlangsung di desa boleh terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan bersama guna membangun desa kedepan.

 

Musrenbangdes ini menjadi acuan untuk mencapai pemberdayaan dan pembangunan di desa satu tahun kedepan untuk itu diharapkan apa yang ditampung pada musyawarah ini betul yang menjadi suatu kebutuhan di masyarakat bukan keinginan.

 

KEPALA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

 

 

SOFIA SIU, S.Sos

PEMBUAT BERITA

 

 

 

DENNY V. LADO

 

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan