Portal ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

Dinas kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana

Tugas Pokok Dan Fungsi Dinas Kesehatan

Dinas kesehatan, pengendalian penduduk, dan keluarga berencana
Dinas kesehatan, PP dan KB mempunyai tugas pokok membantu bupati dalam melaksanakan sebagian urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah dan menentukan kebijaksanaan menyelenggarakan  urusan pemerintahan bidang kesehatan, urusan pemerintahan bidang pengendalian penduduk dan keluarga bencana.
Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut Dinas Kesehatan, PP dan KB mempunyai fungsi:

  1. Perumusan kebijakan rencana strategis di bidang kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana berdasarkan rencana strategis daerah;
  2. Pelaksanaan pembinaan umum di bidang kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana meliputi pendekatan, peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), pengobatan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif) berdasarkan kebijaksanaan yang telah ditetapkan;
  3. Penyelenggaraan pembinaan teknis pelayanan kesehatan dasar dan upaya pelayanan kesehatan rujukan berdasarkan kebijaksanaan yang telah ditetapkan;
  4. Perumusan petunjuk teknis operasional pelayanan kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  5. Penyusunan program penyehatan lingkungan, pencegahan dan pemberantasan penyakit, kesehatan ibu dan anak, penyuluhan dan pelayanan medik serta pengadaan sarana dan prasarana kesehatan;
  6. Pengelolaan pembinaan teknis unit pelaksana teknis dinas, gudang farmasi, puskesmas/pustu, polindes dan rumah sakit daerah;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
    Secretariat dinas mempunyai tugas pokok merencanakan dan menyusun program kegiatan untuk dilaksanakan yang berkaitan dengan urusan ketatausahaan surat menyurat, urusan kepegawaian, urusan keuangan, urusam rumah tangga dan perlengkapan serta pengumpulan data dan pelaporan.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut secretariat dinas mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan penyusunan rencana program dan pelaporan serta pembinaan organisasi dan tatalaksana;
  2. Pengelolaan administrasi kepegawaian;
  3. Pengelolaan administrasi keuangan;
  4. Penyelenggaraan urusan rumah tangga dan perlengkapan serta tata usaha dinas termasuk penataan arsip.

Secretariat dinas kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana terdiri dari :

  1. Sub bagian umum, kepegawaian dan keuangan
    Sub bagian umum, kepegawaian dan keuangan mempunyai tugas pokok melakukan sebagian tugas sekretaris dalam menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas dan melaksanakan kebijakan teknis administrasi umum, kepegawaian dan keuangan.
  2. Sub bagian perencanaan, pengendalian dan pelaporan.   
    Sub bagian perencanaan, pengendalian dan pelaporan mempunyai tugas pokok penyelenggaraan penyusunan rencana kegiatan, pengkoordinasian, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan di bidang perencanaan program dan kegiatan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan program kegiatan.

Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan
Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu kepala dinas dalam melaksanakan pembinaan, koordinasi, dan evaluasi bidang pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan dan promosi kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, bidang tersebut mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana kegiatan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular maupun penyakit tidak menular dan penyelidikan kemungkinan terjadinya wabah/kejadian luar biasa penyakit, penyehatan lingkungan dan promosi kesehatan;
  2. Penyiapan bahan kegiatan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular, penyehatan lingkungan dan promosi kesehatan;
  3. Evaluasi dan monitoring terhadap kegiatan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular, penyehatan lingkungan dan promosi kesehatan;
  4. Pengkoordinasian da n konsultasi masalah pengendalian masalah kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Bidang pengendalian masalah kesehatan terdiri dari :

  1. Seksi pengendalian dan pemberatasan penyakit;
    Mempunyai tugas pokok melakukan sebagian tugas bidang pengendalian masalah kesehatan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pengendalian dan pemberatasan penyakit.
    Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, seksi pengendalian dan pemberatasan penyakit mempunyai fungsi:
    1. Penyusunan rencana kerja pencegahan dan penanggulangan terhadap penyakit menular maupun tidak menular;
    2. Pelaksanaan kegiatan pencegahan dan penanggulangan terhadap penyakit menular maupun tidak menular;
    3. Pengevaluasian dan monitoring pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular maupun tidak menular di unit pelayanan kesehatan;
    4. Pengkoordinasian dengan instansi dan pihak terkait baik lintas program maupun lintas sector yang ada;
    5. Pelaksanaan bimbingan dan pengendalian teknis promosi kesehatan yang dilaksanakan oleh lintas program, lintas sectoral, masyarakat dan swasta;
    6. Penyelenggaraan pembinaan, monitoring dan evaluasi upaya kesehatan institusi dan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat;
    7. Pelaksanaan pembinaan dalam promosi kesehatan, pengembangan sumberdaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat ke puskesmas;
    8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  2. Seksi promosi kesehatan dan penyehatan lingkungan.
    Mempunyai tugas pokok melakukan sebagian tugas bidang pengendalian masalah kesehatan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis promosi kesehatan dan penyehatan lingkungan.
    Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, seksi promosi kesehatan dan penyehatan lingkungan mempunyai fungsi :
    1. penyusunan rencana kerja kegiatan promosi kesehatan dan penyehatan lingkungan;
    2. penyiapan bahan bimbingan, pembinaan dan pengendalian norma, standar, prosedur dan kriteria bidang pengendalian masalah kesehatan;
    3. penyiapan bahan bimbingan dan pembinaan pengelolaan dan pengawasan air sesuai ketentuan dan prosedur untuk menjamin kualitas air;
    4. penyiapan bahan penyelenggaraan pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk menjamin lingkungan yang sehat;
    5. penyiapan bahan bimbingan dan pengendalian penyehatan lingkungan di tempat-tempat umum sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk menjamin penyehatan lingkungan;
    6. pengkoordinasian dengan instansi dengan pihak terkait baik lintas program maupun lintas sector;
    7. pengawasan atas pelaksanaan validasi, kompilasi, analisis dan interpretasi data yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan dari puskesmas;
    8. penyebarluasan informasi kesehatan dan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan;
    9. pengumpulan dan pengolahan serta penganalisa data pendukung sebagai bahan penunjang perencanaan dan pelaksanaan program promosi kesehatan;
    10. pelaksanaan bimbingan dan pengendalian teknis promosi kesehatan yang dilakukan oleh lintas program, lintas sectoral, masyarakat dan swasta;
    11. penyelenggaraan pembinaan, monitoring, dan evaluasi upaya kesehatan institusi dan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat;
    12. pelaksanaan pembinaan dalam promosi kesehatan, pengembangan sumber daya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di puskesmas;
    13. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Bidang Pelayanan Kesehatan
Bidang tersebut mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas membantu kepala dinas dalam melaksanakan pembinaan,koordinasi dan evaluasi pelaksanaan tugas bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus, serta kesehatan ibu, anak dan gizi.
Dalam melaksanakan tugas tersebut, bidang pelayanan kesehatan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  2. Penyusunan bahan rumusan kebijakan teknis di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  4. Penyiapan data dan bahan urusan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus, serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  5. Penyelenggaraan kegiatan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus, serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  6. Pengelolaan urusan kegiatan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  7. Pembinaan kegiatan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus, serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  8. Pengendalian kegiatan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan, dan kesehatan khusus, serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  9. Pelaporan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus, serta kesehatan ibu anak dan gizi
  10. Pelaporan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang kesehatan dasar, kesehatan rujukan dan kesehatan khusus, serta kesehatan ibu anak dan gizi;
  11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Bidang Pelayanan Kesehatan terdiri dari :

  1. Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Kesehatan Rujukan;
    Mempunyai tugas pokok menyiapkan, menyusun dan melaksanakan petunjuk teknis serta bahan pembinaan, pelayanan kesehatan dasar dan rujukan di puskesmas dan rumah sakit, upaya pengembangan pelayanan di puskesmas serta melaksanakan pembinaan kesehatan masyarakat miskin.
    Dalam melaksanakan tugas pokok, seksi pelayanan kesehatan dasar dan kesehatan rujukan mempunyai fungsi :
    1. Penyiapan dan penyusunan rencana kerja sesuai bidang kerjanya;
    2. Pengkoordinasian pembinaan teknis program ke puskesmas;
    3. Pengumpulan, pengolahan, penganalisis dan evaluasi data puskesmas, rujukan serta pelayanan kesehatan masyarakat sebagai penunjang perencanaan program;
    4. Penyusunan petunjuk teknis peningkatan mutu untuk pelayanan di puskesmas dan pustu;
    5. Pembinaan dan pengembangan upaya pelayanan kesehatan di puskesmas dan pustu;
    6. Pembinaan program kesehatan masyarakat daerah terpencil;
    7. Pelaksanaan pengawasan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas dan pustu;
    8. Pengkoordinasian pelayanan kesehatan dengan rumah sakit;
    9. Pelaksanaan kerjasama dengan pihak lain dalam pelayanan kesehatan masyarakat;
    10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  2. Seksi Pelayanan Kesehatan khusus KIA dan Gizi.
    Mempunyai tugas pokok melaksanaan perencanaan,pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian  dan pengembangan pelayanan kesehatan khusus dan pelayanan kesehatan ibu, anak dan remaja serta perbaikan gizi masyarakat.
    Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, seksi pelayanan kesehatan khusus KIA dan Gizi mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanaan pelayanan kesehatan penderita usia lanjut;
    2. Pelaksanaan pelayanan kesehatan jiwa;
    3. Pelaksanaan pelayanan kesehatan kerja;
    4. Pelaksanan pelayanan kesehatan haji;
    5. Pelaksanaan pelayanan kesehatan gigi dan mulut;
    6. Pelaksanaan pelayanan kesehatan mata;
    7. Pelaksanaan pelayanan kesehatan sekolah;
    8. Pelaksanaan pelayanan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K);
    9. Penyusunan rencana program kegiatan yang berkaitan dengan seksi kesehatan ibu, anak, remaja dan perbaikan gizi masyarakat;
    10. Pengumpulan dan penyajian bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang pelayanan kesehatan ibu, anak, remaja dan perbaikan gizi;
    11. Pelaksanaan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan pelayanan kesehatan ibu, anak, remaja dan perbaikan gizi masyarakat;
    12. Pengumpulan, pengolahan dan menganalisis data pelayanan kesehatan ibu, anak, remaja, dan perbaikan gizi masyarakat untuk menentukan prioritas program;
    13. Penyelenggaraan surveilans dan penanggulangan gizi buruk;
    14. Penyelenggaraan upaya perbaikan gizi keluarga dan masyarakat;
    15. Penyajian dan penyebarluasan informasi tentang pelayanan kesehatan ibu, anak, remaja dan perbaikan gizi masyarakat;
    16. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas seksi pelayanan kesehatan ibu, anak, remaja dan perbaikan gizi;
    17. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas;
    18. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Bidang Pengembangan SDM dan Sarana Kesehatan.
Bidang Pengembangan SDM dan Sarana Kesehatan mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, koordinasi dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan SDM dan sarana prasarana kesehatan.
Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, bidang SDM dan sarana kesehatan mempunyai tugas pokok:

  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
  2. Penyusunan bahan rumusan kebijakan teknis di bidang pengembangan SDM, kefarmasian dan sarana prasarana kesehatan.
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegaiatan di bidang pengembangan SDM dan saran prasarana kegiatan di bidang pengembangan SDM dan sarana prasarana kesehatan;
  4. Pembinaan, penyelenggaraan dan pengelolaan di bidang pengembangan SDM dan sarana prasarana kesehatan;
  5. Pengendalian kegiatan, pengumpulan data pengelolaan di bidang pengembangan SDM dan sarana prasarana kesehatan;
  6. Pelaporan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pengumpulan dan pengelolaan di bidang pengembangan SDM dan sarana prasarana kesehatan;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Bidang Pengembangan SDM dan Sarana Prasarana Kesehatan terdiri dari :

  1. Seksi Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan SDM Kesehatan;
    Mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas di bidang pengembangan, pendidikan dan pelatihan SDM kesehatan.
    Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, seksi pengembangan, pendidikan dan pelatihan SDM Kesehatan mempunyai fungsi :
    1. Penyusunan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
    2. Penyiapan bahan perumusan perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan;
    3. Penyiapan bahan perumusan perencanaan pengembangan dan diklat SDM Kesehatan;
    4. Penyiapan bahan dan data informasi ketenagkerjaan kesehatan di dinas, puskesmas dan rumah sakit;
    5. Pelaksanaan advokasi, sosialisasi dan peningkatan pengembangan SDM kesehatan;
    6. Pelaporan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pengembangan dan diklat SDM kesehatan;
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  2. Seksi Sarana Prasarana Kesehatan;
    Mempunyai tugas pokok melaksanakan pengumpulan bahan/data, pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengembangan system pembiayaan jaminan kesehatan.
    Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, seksi sarana prasarana kesehatan mempunyai fungsi:
    1. Penyusunan rencana program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
    2. Pengkajian dan pengembangan system pencatatan dan pengelolaan sarana dan prasarana kesehatan;
    3. Pengkoordinasian lintas sector  dan lintas program terkait system pencatatan dan pengelolaan sarana dan prasarana kesehatan;
    4. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan system pencatatan dan pengelolaan sarana dan prasarana kesehatan;
    5. Pengevaluasian dan penyusunan laporan system pencatatan dan pengelolaan sarana dan prasarana kesehatan;
    6. Perhimpunan, pengkajian dan penyebarluasan informasi terkini terkait kebijakan system pencatatan dan pengelolaan sarana dan prasarana kesehatan;
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan.
  3. Seksi Kefarmasian.
    Mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang dalam proses pengumpulan data kefarmasian.
    Dalam melaksanakan tugas pokok tesrsebut seksi kefarmasian mempunyai fungsi :
    Penyediaan dan pengelolaan obat PKD dan bahan habis pakai lainnya;
    2.    Pembinaan, pemantauan dan pengawasan keamanan pangan dan bahan berbahaya;
    3.    Pengawasan penggunaan obat di puskesmas maupun pustu;
    4.    Pengawasan perijinan obat, makanan dan minuman serta registrasi makanan dan minuman produksi rumah tangga;
    5.    Pemantauan penggunaan napza di sarana pelayanan kesehatan;
    6.    Pemberian rekomendasi izin apotek dan took obat serta industry kecil obat tradisional;
    7.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan.

Bidang Keluarga Berencana
Mempunyai tugas pokok melaksanakan perumusan kebijakan teknis, memberi dukungan atas kebijakan pemerintahan daerah, membina mengkoordinasikan dan melaksanakan program kegiatan di bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat serta pengumpulan data informasi.
Dalam melaksanakan tugas tersebut bidang KB mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan serta bahan rumusan kebijakan teknis di bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan di bidang keluarga berencana keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
  3. Pembinaan, penyelenggaraan, pengelolaan dan pengendalian kegiatan di bidang keluarga berencana keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
  4. Pengumpulan dan pengelolaan data di bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
  5. Pelaporan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
  6. Pelaporan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Bidang Keluarga Berencana mempunyai terdiri dari :

  1. Seksi keluarga berencana;
    Mempunyai tugas pokok melaksanakan pengumpulan bahan/data, pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengembangan system pembiayaan jaminan kesehatan.
    Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, seksi keluarga berencana mempunyai fungsi :
    1. Penyusunan rencana program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
    2. Pengkajian dan pengembangan system kelurga berencana;
    3. Pengkoordinasian lintas sector dan lintas program terkait system keluarga berencana;
    4. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan system keluarga berencana;
    5. Pengevaluasian dan penyusunan laporan system keluarga berencana;
    6. Penghimpunan, pnegkajian dan penyebarluasan informasi terkini terkait kebijakan keluarga berencana;
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan.
  2. Seksi keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat.
    Mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang dalam proses pengumpulan data kefarmasian.
    Dalam melaksanakan tugas tersebut, seksi keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat mempunyai fungsi :
    1. Penyusunan rencana program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
    2. Pengkajian dan pengembangan system keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
    3. Pengkoordinasian lintas sektor dan lintas program terkait system keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
    4. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan system keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
    5. Pengevaluasian dan penyusunan laporan system keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
    6. Penghimpunan, pengkajian dan penyebarluasan informasi terkini terkait kebijakan keluarga sejahtera dan pergerakan masyarakat;
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Sekretariat Daerah



Lembaga Teknis Daerah


Kecamatan